Tuesday, October 21, 2008

Billing Rental Sederhana

Setelah lama gak buat posting tentang VB, sekarang bangkit lagi keingginan untuk sharing ilmu tentang VB(lagak kayak dosen aja,wkwkwk). Hampir 2 minggu ini saya Optimise SEO, agar banyak pengunjung yang datang. Keyword yang di pakaipun sangat tidak Polite(Tidak sopan), seperti Cewek Sma Ngentot, Bugil, Telanjang , Dan Lainnya.he3..(nakal kamu).


Oke biar gak lama bercuap-cuap, kita lanjut aja ke tutorialnya.
Seperti biasa buka VB, cari Standar exe. Habis tu buat form kayak gini :







Sudah sobat?? Tau kan dimana nyari label dan textbox??

Kalo udah, ubah properti label, textbox, dan commandButton menjadi kayak gini.
Vb Program

Kalau sobat mau, bisa di rubah sesuka hati tampilannya.

Sudah?? Lalu klik pada daerah form yang kosong,

Vb Program



Pilih yang bagian atas dengan General dan Declaration.
Lalu ketikkan kode di bawah ini, seperti gambar di atas.





Dim Mulai, Selesai, Lama As Variant

udah?

oke lanjut, klik 2 kali tombol yang bertuliskan mulai, lalu ketikkan kode di bawah





Mulai = Now

Text2.Text = Format(Mulai, "hh:mm:ss")


Klik 2 kali pada tombol yang bertuliskan selesai, lalu masukkan kode di bawah





Selesai = Now

Lama = Selesai - Mulai

Lm_Menit = (Hour(Lama) * 60) + (Minute(Lama))

Biaya = Lm_Menit * 10

Text3.Text = Format(Selesai, "hh:mm:ss")

Text4.Text = Lm_Menit

Text5.Text = "Rp. " & Biaya


Gimana sobat?? Sudah? oke, kode terakhir adalah kode yang paling panjang,wkwkw
Klik 2 kali pada tombol yang bertuliskan keluar, dan isikan kode berikut.





Unload Me

Sip?? kode udah komplete, karang tinggal di run aja. Jalan Gak??

Kode lengkapnya bisa di lihat di Bawah sini





Dim Mulai, Selesai, Lama As Variant

Private Sub Command1_Click()

Mulai = Now

Text2.Text = Format(Mulai, "hh:mm:ss")

End Sub


Private Sub Command2_Click()

Selesai = Now

Lama = Selesai - Mulai

Lm_Menit = (Hour(Lama) * 60) + (Minute(Lama))

Biaya = Lm_Menit * 10

Text3.Text = Format(Selesai, "hh:mm:ss")

Text4.Text = Lm_Menit

Text5.Text = "Rp. " & Biaya

End Sub


Private Sub Command3_Click()

Unload Me

End Sub


Private Sub Form_Load()


End Sub



Kode yang di cetak tebal merupakan kode yang di ketik sama VB sendiri. Selamat mencoba sobat. :)

Jangan lupa baca yang ini juga



3 comments:

  1. trims aku lg blajar vb yg aku kenal 8 tahun lalu.

    ReplyDelete
  2. 1 program minimal 3 form yang saling berhubungan. ada??

    ReplyDelete

silahkan komentar, jangan spam ya.

New Comment