Wednesday, September 24, 2008

Radiasi Ponsel Bikin Sperma Loyo

Takut jadinya make hp lama2 buat nelpon doi setelah la baca berita di detik.com. Sperma kita bakalan loyo, dan kualitasnya menurun gitu. Kebayang gak nanti mandul gara2 sering telpon2an?? Ngeri bos...


Jakarta - Setelah studi yang menyebutkan penggunaan ponsel membuat anak rentan kanker, kini sebuah studi yang digagas oleh Cleveland Clinic kembali memperkuat bahwa radiasi ponsel juga bikin sperma loyo.

Sebelumnya, Cleveland Clinic juga pernah melakukan studi serupa yang menyatakan kaum lelaki yang menghabiskan waktu berjam-jam melakukan panggilan via ponsel memiliki resiko penurunan jumlah sperma.

Kini studi lanjutan mencoba mengambil sampel sperma dari 32 subjek dan didekatkan 2,5cm dengan ponsel yang mengeluarkan sinyal. Jarak tersebut disimulasikan berdasarkan kebiasaan pria yang mengantongi ponselnya dimana jaraknya dekat alat kelamin mereka.

"Karena banyak orang menggunakan handsfree untuk karena isu kesehatan dan radiasi, namun kini lebih penting lagi untuk dipelajari dan memberikan pengertian bahwa sinyal radiasi yang paling besar adalah sumbernya yang diletakkan menempel dengan anggota tubuh mereka yang lain," ujar Dr Edmund Sabanegh, salah satu tim periset seperti dikutip detikINET dari Vnunet, Rabu (24/9/2008).

Lebih lanjut dijelaskan, sperma tersebut diekspos dengan sinyal frekuensi 850MHz selama satu jam dan memperlihatkan penurunan vitalitas yaitu penurunan jumlah antioksidan pada sperma yang mempengaruhi kegesitan serta kelangsungan hidup sperma menjadi jauh lebih pendek.

"Ini merupakan penemuan baru, walau kita menggunakan sampel yang sedikit tapi kini kita bisa mengembangkan studi lebih lanjut terkait dengan hasil yang telah ditemukan," tandas Dr Sabanegh.

Gimana setelah baca artikel masih mau telpon berjam-jam?? Gak kan..??

Jangan lupa baca yang ini juga



2 comments:

  1. penelitian yg aneh2 tp menarik juga....
    thx infonya tp aku engak bakal merubah kebiasaan nelpon berjam - jam.......

    ReplyDelete
  2. Wah ayooo spaa yang sering-sering nelpon lama2 tar pada loyo.... =)) trus ga bisa ngeblog deh..:))

    ReplyDelete

silahkan komentar, jangan spam ya.

New Comment