Monday, July 14, 2008

Program sederhana menggunakan vb

Dah lama ne ga posting. Gat tau kenapa,he..( Padahal lagi males)
Oke lanjut aja…
Hari ne kita akan buat program yang super sederhana..
Ni programa untuk orang yang baru belajar program seperti saya..
Pertama kita buka program visual basic, buat form yang standar aja.
Setelah itu kita buat 2 textbox dan buat 2 label trus 1 command button.
Kayak di bawah ne..













Pasti bisa kan cara buatnya kayak gitu. Nama form juga kalian bisa ubah, ganti aja di propertiesnya. Nah setelah jadi form kayak di atas, klik 2 kali tombol proses trus ketik kode ne:

hasil = Val(Text1) + Val(Text2)
MsgBox " Hasil penjumlahannya adalah" & hasil, vbOKOnly, "pesan"

Lengkapnya kayak gini:

Private Sub Command1_Click()
hasil = Val(Text1) + Val(Text2)
MsgBox " Hasil penjumlahannya adalah" & hasil, vbOKOnly, "pesan"
End Sub

Habis tu tekan tombol star. Kalau gad a kesalahan dalam penulisan pasti semuanya lancar. Kalian juga bisa ganti operasi apa yang mau dilakukan oleh program tadi, kalau mau program kali tinggal ganti + dengan *.
Selamat mencoba .
Semoga berguna.

Jangan lupa baca yang ini juga



3 comments:

  1. kebetulan ni aku jg lagi belajar vb utk keperluan TA ku...
    kalo bikin garis-garis untuk graf gimana yah?? jadi pake titik koordinat x,y gitulah...

    thx before yah...

    ReplyDelete
  2. graft yang kayak gimana ya?? kalau mau buat garis gitu, sudah ada fasilitas langsung dari vb. :)

    ReplyDelete
  3. Bisa ngk cih tunjukin caranya bikin prog sedrhana tentang pembayaran misal pembayaran sekolah gitu..

    ReplyDelete

silahkan komentar, jangan spam ya.

New Comment